Rss Feed
  1. Beyond The Inspiration Karya Felix Y. Siauw



    Awal membaca buku ini, karena ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan ke ustad felix, yang berkaitan dengan fokus dan pilihan.
    Lalu beliau menyarankan saya untuk membaca bukunya yang berjudul Beyond The Inspiration. Dan benar sekali, di bab pertama pun saya langsung menemukan apa yang saya tanyakan.


    Hidup adalah pilihan
    maka segala sesuatu yang terjadi,
    yang sedang terjadi, dan akan terjadi 
    adalah hasil daripada pilihan kita
    Hidup ini hanya sebentar, hanya sekali
    Hidup seperti apa yang akan kita pilih?

    Quote itu yang muncul di halaman pertama mengenai Life is Choice. Setuju? Ya, saya setuju sekali. Mau jadi apa kalian, itu pilihan yang kalian ambil. 
    Today is Yesterday, Tomorrow is Today. Ngerti maksudnya? Kalau kurang paham akan saya jelaskan. Maksud dari Today is Yesterday adalah apa yang ada dalam diri kita saat ini, sebagian besar adalah pilihan kita sendiri, lebih tepatnya akumulasi dari seluruh pilihan kita pada masa lalu. Seperti, pekerjaan kita sekarang, adalah pilihan kita masa lalu. Contoh realnya saya, pilihan saya 3 tahun lalu akan jurusan kuliah yang saya ambil, inilah yang saya hadapi. Belajar dan Menggeluti bidang IT. Semua skill saya pun adalah pilihan saya dimasa lalu. Karena banyak main, skill saya pun kurang baik. Saya bandingkan dengan teman saya, sebut saja koji yang saat ini jago, ya karena pilihan dia dulu untuk sungguh-sungguh belajar, maka hasilnya dia pun berbeda jauh dengan saya. Di umurnya yang masih muda, udah banyak sekali project yang dia kerjakan, orang yang tidak tahu proses dia hanya berdecak kagum, tanpa tahu proses yang telah dia lewati. Kagum doang? Kagum doang mah ngga bisa kayak koji. Lakuin apa yang dia lakuin 3 tahun lalu, kalau bisa lebih, maka 3 tahun mendatang kalian akan merasakan nikmat yang sama. Ngomong emang gampang banget, sangat gampang, jalaninnya susah, apalagi kalau malasnya kebanyakan (lagi refleksiin ke diri). Lalu, maksud Tomorrow is Today adalah apa yang kita lakukan saat ini, itu akan menjadi refleksi ke depannya. Seperti contoh koji tadi. Anggap sekarang tahun 2009, koji sungguh-sungguh, maka liat 3 tahun ke depan, akan seperti apa. See, tahun 2012 dia sudah punya langkah yang berbeda dari teman-temannya. Yang lain baru mau mulai, dia sudah expert. Masa depan dapat dilihat dari pilihan-pilihan yang dibuat saat ini.

    One Time One Choice
    Maksud dari perkataan di atas adalah fokus. Contohnya, pada saat anda membaca tulisan di paragraf ini, maka anda akan meninggalkan tulisan di paragraf yang lainnya. Tidak bisa memilih secara bersamaan. Intinya hidup harus begitu, fokus. Again, ini untuk refleksi ke diri sendiri. Saya sulit sekali untuk fokus. Sedang memikirkan A maka akan muncul seketika hal B, memikirkan hal B maka akan muncul C. Untuk fokus itu sulit sekali, sangat sulit bagi diri saya. 

    With Great Choice Comes Great Investment, Consequences & Risk
    Setiap pilihan juga memiliki investasi, konsekuensi, dan risiko tertentu. Investasi adalah sestuatu yang harus kita keluarkan dan lakukan untuk memulai suatu pilihan, konsekuensi yang dimaksud adalah dalam arti sesuatu yang akan datang kepada kita saat memutuskan suatu pilihan dan resiko adalah sesuatu yang akan datang setelah kita menentukan sebuah pilihan. 


    If you're not a part of solution, then you're part of problems

    Biasa atau Isrimewa?
    Menjadi biasa atau istimewa pilihan. Langkah mau menjadi biasa atau istimewa pun seperti yang sudah saya tulis diatas Today is Yesterday, Tomorrow is Today. Today bersungguh-sungguh, insyaAllah Tomorrow akan Istimewa. 

    Sesungguhnya dan sebenarnya saya menulis ini, untuk refleksi ke diri sendiri. Agar ingat dengan apa yang saya baca. Karena kalau hasil ulasan sendiri lebih cepat ingatnya dan semoga cepat diterapkan. 

    Semoga bermanfaat bagi yang membaca :)

    |


  2. 0 komentar:

    Poskan Komentar